Baby Blue Pointer Wavy Tail Life Is Miracle: Dampak Polusi Air
twitter
rss



Dampak Polusi Air
1.     Gangguan Kesehatan
Air yang tercemar, baik oleh senyawa organic maupun senyawa anorganik akan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan karena mudah menjadi media berkembangnya berbagai macam penyakit.
Berikut ini berbagai jenis penyakit yang dapat ditimbulkan oleh pencemaran air:
a.     Penyakit Menular
Penyakit menular akibat pencemaran air dapat terjadi karena berbagai macam sebab,diantaranya sebagai berikut:
·        Air yang tercemar dapat menjadi media bagi perkembangbiakkan dan persebaran mikroorganisme ,termasuk mikroba patogen.
·        Air yang telah tercemar tidak dapat lagi digunakan sebagai pembersih, sedangkan air bersih sudah tidak mencukupi  sehingga kebersihan  manusia dan lingkungannya menjadi tidak terjamin, yang pada akhirnya menyebabkan manusia mudah terserang penyakit.
Contoh beberapa penyakit menular yang dapat tersebar melalui air yang tercemar adalah sebagai berikut:
ü Hepatitis A
§  Jenis Mikroba      :Virus Hepatitis A
§  Gejala                   :Demam,sakit kepala,sakit perut,kehilangan selera    makan,pembengkakan hati sehingga kulit menjadi kuning.
ü Poliomyelitis
§  Jenis Mikroba      :Virus Polio
§  Gejala                   :Tenggorokan sakit,demam,sakit pada tungkai dan punggung,kelumpuhan dan kemunduran fungsi otot.
ü Kolera(Bakteri)
§  Jenis Mikroba      :Vibrio Cholerae
§  Gejala                   :Diare yang sangat parah,muntah-muntah,kehilangan cairan yang banyak sehingga menyebabkan kejang dan lemas.
ü Diare(Bakteri)
§  Jenis Mikroba      :Escherichia Coli
§  Gejala                   :Buang air  besar yang berkali-kali dalam sehari,kotoran encer (banyak mengandung air),terkadang diikuti rasa mulas dan sakit perut.
ü Tifus(Bakteri)
§  Jenis Mikroba      :Salmonella Typhi
§  Gejala                   :Saki kepala,demam,diare,muntah-muntah,peradangan dan pendarahan usus.
ü Disentri(Bakteri)
§  Jenis Mikroba      :Shigella dysentriae
§  Gejala                   :Infeksi usus besar,diare,kotoran mengandung lendir dan darah,sakit perut.
ü Disentri Amuba(Protozoa)
§  Jenis Mikroba      : Entamoeba histolytica
§  Gejala                   :Sama seperti Disentri oleh bakteri.
ü Balantidiasis(Protozoa)
§  Jenis Mikroba      :Balantidium coli
§  Gejala                   :Peradangan usus,diare berdarah.
ü Giardiasis(Protozoa)
§  Jenis Mikroba      :Giardia lamblia
§  Gejala                   :Diare,sakit perut,terbentuk gas dalam perut,bersendawa,kelelahan.
ü Ascariasis(Metazoa/cacing parasit)
§  Jenis Mikroba      :Ascaris lumbricoides(cacing gelang)
§  Gejala                   :Demam,sakit perut yang parah,malabsorbsi,muntah-muntah,kelelahan.
ü Taeniasis
§  Jenis Mikroba      :Taenia Saginata(cacing pita)
§  Gejala                   :Gangguan pencernaan,rasa mual,kehilangan berat badan,rasa gatal di anus.
ü Schistosomiasis
§  Jenis Mikroba      :Schistosoma sp.(cacing pipih)
§  Gejala                   :Gangguan pada hati dan kantung kemih sehingga terdapat darah dalam urin,diare,tubuh lemas,sakit perut yag terjadi berulang-ulang.
b.     Penyakit Tidak Menular
Beberapa pilutan atay pencemar air yang dapat menimbulkan penyakit,diantaranya sebagai berikut:
·        Kadmium (Cd)
Kadmium adalah logam berat yang digunakan oleh banyak industry dalam proses produksinya.
Keracunan cadmium dapat memengaruhi otot polos pembuluh darah.Akibatnya, tekanan darah menjadi tinggi dan dapat menyebabka gagal jantung serta kerusakan pada organ ginjal dan hati.
·        Kobalt (Co)
Logam Kobalt banyak digunakan dalam  industry sebagai bahan  campuran untuk pembuatan mesin pesawat, magnet alat pemotong atau penggiling, serta untuk pewarna kaca, keranik, dan cat.
Kobalt di tubuh manusia dalam jumlah banyak akan merusak kelenjar tiroid (gondok) sehingga penderita akan kekurangan hormon yang dihasilkan kelenjar tersebut.Kobalt juga dapat menyebabkan gagal jantung dan edema (pembengkakan jaringan akibat akumulasi cairan dalam sel).
·        Merkuri (Hg)
Merkuri yang mencemari air sebagian besar berasal dari limbah yang dihasilkan manusia.Manusia menggunakan merkuri untuk berbagai proses industry, seperti proses pembuatan klorin.Selain itu, merkuri juga terdapat pada baterai, cat, plastic,thermometer, lampu tabung, kosmetik, dan hasil pembakaran batu bara.
Pada wanita hamil, merkuri dapat menyebabkan janin menjadi cacat mental.Tubuh yang terpapar merkuri untuk waktu yang lama dapat megalami kerusakan ginjal, saraf, dan jantung.Pada konsentrasi rendah,merkuri dapat menimbulkan sakit kepala, depresi, dan perubahan perilaku.
·        Timbal (Pb)
Pencemaran ai oleh logam Pb dapat berasal dari berbagai sumber, seperti rembesan Pb dari sampah kaleng yang mengandung timbale, cat yang mengandung timbale, bahan bakar bertimbal, pestisida, dan dari korosi pipa-pipa yang mengandung timbal.
Pada wanita hamil, keracunan Pb dapat menyebabkan keguguran, kelahiran premature, atau kematian janin. Pada anak-anak, timbal dapat menyebabkan kecacatan mental dan gangguan fisik. Pada orangdewasa, keracunan timbal meningkatkan resiko terkena hipertensi (tekanan darah tinggi).
·        Senyawa Organik Berklorin
Contoh senyawa organic berklorin adalah dikloro-difeniltrikloroetana (DDT), aldrin, heptaklor, dan klordan yang semuanya banyak  digunakan sebagai pestisida.Selain pestisida, senyawa kimia industri juga ada yang merupakan senyawa organic berklorin, contohnya poliklorinasi bifenil (PCB) dan dioksin.
Senyawa-senyawa ini dapat menyebabkan kerusakan berbagai organ, terutama hati dan ginjal, serta beberapa diteliti dapat menimbulkan kanker.
.


0 komentar:

Posting Komentar